Persiapan Penggunaan Media Pembelajaran

  • Pelajari dan kuasai materi dan tujuan pembelajarannya, kemudian pilihlah jenis, fungsi dan cara penggunaan media3 yang cocok untuk tujuan pembelajaran tersebut.

–         Jenis media yang dipergunakan merupakan pilihan format media yang akan digunakan, apakah akan menggunakan media praktek, poster, buklet, brosur, atau film. Ini akan berhubungan dengan kemampuan khalayak dalam menggunakan media, misalnya: media brosur atau buklet kurang tepat digunakan untuk khalayak yang terbatas kemampuan membacanya; untuk khalayak ini, film, poster tunggal atau poster seri akan lebih tepat. Selain itu, pilihan jenis media juga tergantung pada tujuan/fungsi penggunaan media tersebut, misalnya: buklet biasanya bersifat informasional dan instruksional, komik biasanya bersifat cerita untuk bahan diskusi kasus, film bisa bersifat dokumenter maupun kasus yang menggugah, dan sebagainya. 

–         Cara kerja media menyangkut karakteristik media tersebut baik berdasarkan jenis/format maupun tujuan/fungsi medianya. Misal: poster digunakan untuk diskusi kelompok, film ditayangkan sebagai pengantar diskusi kelompok, buklet digunakan sebagai bahan bacaan untuk dibawa pulang, drama dilanjutkan dengan diskusi refleksi, dan sebagainya.

  • Pelajari cara mempergunakan media tersebut dalam keseluruhan proses pembelajaran. Sebaiknya media itu dicoba terlebih dahulu sebelum dipergunakan dalam kelompok belajar, terutama media yang memerlukan alat bantu seperti tayangan slide dan film.
  • Perhatikan jumlah peserta yang dianjurkan dan tata ruang yang tepat dalam menggunakan media tersebut. Misalnya, tayangan slide, film dan dongeng digital dapat disajikan dengan menggunakan layar untuk semua peserta dalam sebuah kelas belajar berjumlah 20 – 30 orang, tetapi poster serial atau komik foto (fotonovela) berbentuk buklet hanya bisa dipergunakan dalam kelompok-kelompok kecil. Untuk kebutuhan ini, tata ruang yang tepat perlu dipersiapkan sejak awal.
  • Pelajari profil peserta belajar sebagai pertimbangan agar media yang akan disiapkan benar-benar bisa membantu peserta untuk belajar. Media akan menghambat kegiatan belajar kalau tidak mudah digunakan. Media akan sulit digunakan kalau tidak cocok dengan karakteristik peserta.

About bagusware

Aku adalah aku, dan kamu adalah kamu... Aku dan kamu pasti bisa...

Posted on 28 November 2010, in Media Pembelajaran. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: