IDE Delphi

Delphi memiliki lingkungan pemrograman terpadu ( IDE, Integrated Development Enviroment ). Dengan IDE semua yang diperlukan dalam pengembangan, dalam kondisi normal, semuanya telah tersedia. Jendela IDE Delphi 7.0 telah didesain sedemikian oleh Boorland sehingga bersifat Intuitif.

a.    Jendela Utama

Pada jendela utama terdapat menu-menu sebagaimana menu aplikasi windows umumnya, toolbar yang merupakan langkah cepat dari beberapa menu dan Component Pallete, yaitu gudang komponen yang akan digunakan untuk membuat aplikasi.

Component Pallete terdiri dari beberapa halaman, diantaranya adalah standart, Additional dan system. Halaman tersebut berisi komponen-komponen yang sesuai dengan namanya. Misalnya halaman Internet menampilkan komponen-komponen yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi internet.

b.  Object Treeview

Fasilitas ini hadir bersama Delphi 6.0 dan 7.0, jadi Delphi 5.0 kebawah belum memilikinya. Object Treeview menampilkan daftar komponen yang digunakandalam pengembangan aplikasi sesuai dengan penempatannya.

c.   Object Inspector

Object Inspector digunakan untuk mengatur property dan event suatu komponen. Semua komponen dapat diubah perilakunya menggunakan kehebatan object inspector. Akan tetapi anda tidak dapat mengubah langsung mengubah langsung property-properti yang tidak ditampilkan kecuali melalui penulisan kode program.

d.   Form Designer

Semua program windows memiliki form dan form adalah komponen utama dalam pengembangan aplikasi. Form designer adalah tempat melekatnya komponen yang lain. Artinya form adalah tempat komponen-komponen lain diletakkan.

About bagusware

Aku adalah aku, dan kamu adalah kamu... Aku dan kamu pasti bisa...

Posted on 5 Desember 2010, in Delphi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: