Faktor Yang Mempengaruhi Pagerank

Google memiliki rumus yang rumit untuk menentukan pagerank sebuah blog/website. Tidak seorangpun yang tahu secara pasti rumus yang digunakan. Namun kita juga tidak perlu terlalu pusing memikirkan hal tersebut. Daftar berikut ini bisa digunakan sebagai acuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh dalam perolehan Pagerank:

  1. Tiap inbound link sangat menentukan nilai keseluruhan. Kecuali dari situs terlarang.
    Pagerank bisa diumpamakan sebagai sebuah sistem voting. Sebuah link yang berasal dari sebuah situs adalah vote untuk situs yang dituju. Situs yang memiliki pagerank lebih tinggi akan dipandang lebih penting oleh Google, sehingga vote yang berasal dari situs tersebut akan diberikan nilai lebih oleh Google – dalam beberapa kasus bahkan nilainya bisa sangat tinggi. Secara umum, semakin banyak link yang memberikan voting, maka semakin kuat PageRank yang didapat. 
  2. Page Rank bisa turun!
    Anda bisa saja kehilangan beberapa link penting, karena link-link tersebut sudah tidak lagi terkait dengan blog/situs anda. Penurunan PR juga bisa terjadi jika beberapa situs yang memiliki link ke blog anda juga mengalami penurunan PR. Jadi hal ini merupakan semacam reaksi berantai.
  3. Link yang berasal dan menuju situs yang berkualitas itu penting.
    Jika situs yang berhubungan memiliki tema yang serupa, maka nilai PageRank yang diberikan akan semakin besar. Link yang menuju ke situs yang berkualitas menunjukkan bahwa situs anda dianggap berguna oleh pengunjung anda. Kecuali situs anda telah berumur cukup lama dan dipercaya oleh Google, faktor ini bisa memberikan efek sebaliknya terhadap ranking situs anda.
  4. Situs (blog) dapat di-cekal kalau terhubung ke situs terlarang.
    Anda harus sangat sangat berhati-hati terhadap link yang anda berikan di posting anda. Jangan pernah memberikan link ke situs yang memiliki reputasi buruk (link farm, situs yang di blacklist, dsb.) karena Google akan memberikan hukuman. Jadi selalu periksa PageRank situs yang hendak anda tuliskan di posting atau blog anda.
  5. Aktivitas ilegal akan diganjar hukuman setimpal!
    Yang dimaksud aktivitas ilegal diantaranya adalah: text tersembunyi (hidden text), pertukaran link otomatis, redirect ilegal, dan lain2 (bisa dicari di Google). Hal ini bisa menyebabkan situs (blog) anda di-blacklist oleh Google. Jadi, yang wajar-wajar saja lah dalam blogging.
  6. Update isi blog secara teratur tidak otomatis meningkatkan PR.
    Meskipun Google akan mengirimkan crawler untuk menganalisa blog anda, yang menjadi pertimbangan lebih penting adalah link yang menuju ke blog anda. Isi (content) tidak menjadi faktor yang diperhitungkan dalam PageRank, tapi akan berpengaruh terhadap hasil pencarian dari sebuah frase (keyword).
  7. Google mempertimbangkan umur situs (blog), relevansi dari backlink yang menuju blog anda, dan durasi dari backlink. Jika backlink tidak relevan dengan isi blog anda, maka nilai yang diberikan juga tidak terlalu besar.
  8. Link dengan label “no-follow” tidak memberi kontribusi terhadap PageRank.
    Jika sebuah situs (blog) memberikan label no-follow pada link yang terdapat di dalamnya, maka Google tidak akan mengikutsertakannya dalam penghitungan PageRank.
  9. Multiple voting yang berasal dari halaman yang sama akan dianggap sama dengan satu suara.
  10. Link yang berasal dari halaman itu sendiri tidak akan meningkatkan PageRank.
    Sebuah halaman tidak bisa melakukan voting untuk dirinya sendiri.
  11. Link yang berasal dari situs yang buruk (blacklist) tidak akan berpengaruh terhadap PageRank.
    Sebaliknya, jika link di blog anda menuju ke situs yang buruk itu yang akan mempengaruhi PageRank anda.

 

About bagusware

Aku adalah aku, dan kamu adalah kamu... Aku dan kamu pasti bisa...

Posted on 8 Desember 2010, in Tips. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: