Trik Mencari File di Komputer Super Cepat

Hmm komputer semakin lama kita miliki maka data yang disimpannya pun semakin banyak sekali. Ada bermacam-macam file yang dapat disimpan komputer antara lain seperti data dokumen (Word, Excel, Power Point), gambar, animasi, foto-foto narsis cie…cie.., trus file lagu-lagu, film, master trus Game. Apalagi sekarang dengan dukungan Hardisk yang memiliki kapasitas super besar. Yap rata-rata dengan kapasitas sekitar 300GB gitu udah banyak sekali data yang bisa disimpan dikomputer. Maka kita pun sebagai Brainware nya computer cie…seharusnya memiliki manajemen file yang baik terhadap lokasi penyimpanan file agar suatu saat apabila kita membutuhkan file tertentu dengan mudah dan cepat kita dapat mengaksesnya. Tanpa perlu berkata-kata seperti ini

  • Duh dimana ya aku dulu menyimpannya
  • Waduh di Hardiskku gak ada nih filenya
  • Sial, aku cari-cari filenya kok gak ketemu-ketemu
  • Aduh, lama banget ini komputerku mencarinya (padahal udah di search berkali-kali)

Hahaha… Itulah akibatnya kalau menaruh file di hardisk seenaknya saja tanpa memperdulikan manajemen file yang baik. Walaupun file sudah tertata baik di hardisk kadang masih juga lupa menaruh file apalagi yang jarang dibuka ataupun sudah lama filenya jadi lupa tempat menyimpan filenya…

Kalaupun anda lupa menyimpan dimana file tersebut kini anda tidak perlu bingung dan pusing-pusing tanpa harus bertanya pada Windows Search lagi karena lama sekali mencari filenya…Kini ada program gratis yang manfaatnya luar biasa sekali dalam pencarian file pada hardisk, namanya adalah Locate 32. Program ini terbilang enteng dan mempunyai kemampuan pencarian yang sangat cepat dengan memanfaatkan database. Kita tinggal menginputkan keyword lalu enter maka sekitar 1 detik pun data hasil pencarian akan ditampilkan. Sangat cepat tentunya apabila kita harus mencari satu-satu di hardisk ataupun dengan Windows Search yang lama sekali proses pencariannya karena teknik pencarian filenya di urut satu-satu pada folder.

.

Unduh Dulu Aplikasi Locate 32

.

Baiklah ini adalah cara saat kita menggunakan aplikasi Gratis Locate 32.

  1. Pertama kali jalankan aplikasi Locate 32 hasilnya akan nampak pada Gambar 1.

Gambar 1

  1. Selanjutnya jika anda baru pertama kali menggunakan aplikasi Locate 32 ini yaitu dengan cara mengupdate database terlebih dahulu. Ataupun pada saat anda ingin menemukan file yang baru saja terupdate, maka langkah yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan mengupdate database seperti pada Gambar 2. Tetapi kalaupun sudah diupdate databasenya maka anda langsung Lanjut saja pada Proses ke 4. (Update database hanya dilakukan untuk pertama kali setelah install aplikasi ini saja ataupun jika komputer sudah lama sekali tidak diupdate databasenya).

Gambar 2

  1. Proses update database. Tunggu sampai pesan update database ini hilang.

Gambar 3

  1. Nah sekarang saatnya kita mencari file yang akan kita cari tersebut dengan mengetikkan keyword nya pada kotak ”Named” lalu tekan enter. Dan hasil pencarianpun akan keluar seperti gambar 4 di bawah ini.

Gambar 4

  1. Kita dapat melakukan akses pada file hasil pencarian tersebut seperti kita mengakses pada Explorer Windows. Caranya klik kanan pada daftar file hasil pencarian, nanti akan ditampilkan popup menu seperti pada gambar 5.

Gambar 5

  1. Sebagai tambahan untuk mencari lagu misalnya pada kotak pencarian tersebut pada bagian “extentions” ketikkan “mp3” (tanpa tanda petik dan tanpa titik). Lalu enter maka hasil pencariannya akan muncul semua file mp3 dengan nama filenya ada kata-kata naruto. Nampak seperti pada gambar 6 di bawah ini

Gambar 6

.

Teknik pencarian ini jauh lebih cepat 98% daripada kita harus mencari sendiri di hardisk ataupun dengan menggunakan pencarian dari Windows Explorer seperti gambar di bawah ini

yang sangat lama sekali pencarianya dan belum ketemu-ketemu juga… Hm jadi jengkel kan kalu lemot pencariannya padahal kita pingin pencarian itu yang super cepat dan akurat… seperti punyanya om google.

.

Aplikasi ini saya gunakan di Windows XP sebagai gantinya Windows Search bawaanya XP karena prosesnya cepat dan akurat. Tetapi kalau di windows 7 bisa saja anda gunakan aplikasi Locate 32 ini karena sudah saya coba sendiri Windows Searchnya pada Windows 7 tetap saja pencarian filenya masih terbilang lama.

.

Terima Kasih atas kunjungannya…

 

About bagusware

Aku adalah aku, dan kamu adalah kamu... Aku dan kamu pasti bisa...

Posted on 28 Mei 2011, in Aplikasi, Informasi, Tips and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: