Trik Resume Download "Expired Link Address Mediafire"

Kali ini saya akan membagi teknik resume download dari situs hosting baik mediafire ataupun bisa juga agan coba di enterupload ataupun situs file hosting lain yang resume capability nya YES. Mungkin teknik ini sangat berguna apabila agan-agan semua menggunakan modem USB bisa GSM ataupun CDMA yang bandwidthnya kecil sekali kurang lebih hanya 128Kbps apalagi dengan trik gratisan seperti yang saya gunakan..hehehe.. (udah hampir 2 bulan nih belum ke blokir trik internet gratisan)..🙂 .. Tahun 2011 ini merupakan zaman kejayaannya internet, hampir setiap orang selalu berupaya dapat selalu terhubung dengan internet baik melewati Handphone maupun lewat komputer. Tapi apa jadinya apabila kita mau download file yang ukurannya sekitar 200MB dari sebuah Modem USB yang koneksinya masih GPRS ataupun EDGE. Mustahil tidak??

http://bagusdream.wordpress.com/

yap jawabannya sih bisa namun ya memang lumayan lama, usahakan download filenya dari hosting yang dapat diresume.
Tetapi yang jadi permasalahan bagaimana jika kita download dari hosting yang dapat diresume tersebut kandas di tengah jalan atau Modemnya terdiskonek. Memang sih sebagian besar besar masih bisa di resume tetapi ada juga yang tiba-tiba tidak dapat diresume, pesan errornya biasanya seperti ini “It’s possible that the address of the file is not valid anymore or your session has expired” atau gini kalau gak salah “you cann’t download twice second time on this server bla bla bla…”. Iya kalo pake jasa warnet sih enak IP address kita masih tetap sama yang di berikan oleh server jaringan, tetapi kalau kita menggunakan modem USB maka kita akan selalu bervariasi mendapatkan IP Addressnya apalagi IP addressnya bukan kelas C tetapi udah kelas A yang sangat besar clientnya (hehe kena materi jaringan komputer nih).

Contoh saat koneksi pertama saya memiliki ip address xx.45.213.54 lalu pada saat di konekkan ke dua kalinya ip address saya sudah berubah jauh seperti ini xx.159.77.189. Yang lebih menjengkelkan lagi apabila kita download file udah 95% lalu kena diskonek … hm padahal tinggal dikit lagi jadi sia-sia waktu yang terbuang untuk download yang udah sampai 95% tadi.. Eiit..jangan keburu di delete dulu walaupun susah untuk diresume kan rugi udah lama-lama dan capek nunggu eh ternyata gagal, Itu bukan gagal kok sob cuma link yang kita download tadi udah kadaluarsa atau istilah kerennya sih expired🙂. Ada triknya sob, pelajari teknik nya ada di gulungan sakti di bawah ini…
http://bagusdream.wordpress.com/
1. Gambar 1 ini adalah contoh saya sedang mendownload Roxio 3D Photo Creator di Mediafire dengan menggunakan modem USB GSM yang diskonek saat 34,87%, mereknya HUAW** tapi sayangnya di daerah saya sinyalnya masih EDGE.

Gambar 1

2. Ini karena link yang kita gunakan untuk download tadi ternyata expired karena Modem USB melakukan diskonek. lihat pada bagian Address pada gambar 2.

Gambar 2

3. Nah ini pada gambar 3, file yang saya download udah kandas ditengah jalan (padahal kan masih 34,87%). padahal kan ini dari mediafire yang katanya resume capablity nya YES. Mana buktinya tetap saja masih gak bisa ini saya resume downloadnya. hehe..

Gambar 3

4. Toeng…Kelamaan connecting pada gambar 3 di atas jadi tambah muncul pesan error seperti gambar 4 di bawah ini nih…bunyinya “Cannot resume downloading the file …. It’s possible that the address of the file is not valid anymore or your session has expired, please start the download bla bla…”

Gambar 4

5. Nah setelah ditekan OK malah muncul beginian (Gambar 5)

Gambar 5

6. Setelah saya coba menggunakan link mediafire yang gagal tersebut dan saya reload di browser kesayangan firefox nih…sambil nunggu keluar linknya dari situs mediafire…eh tetep aja rewel gak mau download di IDM tersebut…

7. Berpikir seperti detektif nih,, kira-kira apanya ya yang error padahal kan IDM nya minta link yang expired tadi dengan link yang baru. Karena adanya kesalahan diskonek jadi kita udah ganti ip address (Namanya juga Ngenet lewat modem USB GSM, lagian kan saya pake IP Address Otomatis DHCP jadi yang memberikan kita IP address ya server / ISP nya donk, mau gak mau sih kita harus terima🙂 hehe kita mau buat IP address yang manual ya gak bisa lah, iya kalo jaringannya LAN).

8. Ahaa… akhirnya setelah mikir muter-muter, cari wangsit eh ternyata dapet juga….mantap….Triknya simpel banget sob sebenarnya browser yang ada di komputer yang kita gunakan tadi masih menyimpan cookie, session dari link mediafire tersebut. Itu sebabnya saat kita reload di browser masih belum bisa juga di download.

9. Caranya gini kita arahkan di Browser Mozilla Firefox pada menu “Tools | Clear Recent History” seperti pada gambar 6 ..Tinggal klik

Gambar 6

 

10. Nah nanti akan muncul seperti gambar 7. Centang semua dan pilih Everything lalu klik Clear Now. Udah deh cache, cookie dan sesion yang ada di browser firefox jadi bersih.

Gambar 7

11. Jangan putus asa kita coba lagi me-resume dengan memasukkan link tadi ke address bar firefox. seperti gambar 8.

Gambar 8

12. Kita tunggu sampai keluar link nya gan seperti pada gambar 9 lalu kita klik kanan dan pilih “Copy Link Location”.

Gambar 9

13. Nah langkah berikutnya pada IDM di file yang gagal kita download lagi kita klik kanan lalu pilih “properties” (Gambar 10)

Gambar 10

14. Nanti akan muncul seperti gambar 11. Sip… jika udah keluar lihat pada bagian “Address” nah disitu ada link asli dari html mediafire nah kita replace saja. tekan klik kanan lalu paste (atau CTRL+V).

Gambar 11

15. Setelah itu selesai deh dan lihat perbandingan link download address dari mediafire. berbeda kan antara di bagian “Address” dengan di bagian “Referer”. Tinggal Klik OK Saja deh…(pada gambar 12)

Gambar 12

16. Langkah terakhir pada IDM tekan tombol “RESUME”

17. Nah resume download dari mediafire sukses deh bisa di lanjut…Liat seperti pada gambar 13…Hm ini langsung saya screen shoot pada 35,21%…

Gambar 13

18. Sempoa…🙂

http://bagusdream.wordpress.com/

Sekian triknya… Kalau agan punya tips selain ini atau mungkin masih binggung share di sini ya..

.

About bagusware

Aku adalah aku, dan kamu adalah kamu... Aku dan kamu pasti bisa...

Posted on 17 Juni 2011, in Download, Tips and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. wah, keren artikelnya dari kemarin sudah ada berapa download yang gagal nyesel malah dihapus padahal sdh 80 %, eh ketemu artikel yang bermanfaat ini trims

    • sama-sama nih gan…
      emang walaupun download di mediafire gampang …..tapi kalau kita memakai modem USB GSM atau CDMA….
      lain cerita nih….soalnya mudah banget Diskonek….jadi kita harus pinter-pinter ngakalinya…:) …

  2. wah, gan, thanks ya atas artikelnya…bermanfaat bngt nih…

    btw, klo yg di IDM nya udah terlanjur kita delete apa mungkin kita msih bsa membalikkanny lgi??

    • ya gak bisa laah gan…..soalnya kan gak ada recycle bin nya…jadi gak bisa di kembalikan lagi yang udah di delete tadi….
      harus mengulang download dari awal lagi nih…. nah habis itu kalau misalnya lagi putus / diskonek di tenggah jalan maka jangan langsung di delete…
      tetapi coba di resume dulu….nah kalau gagal di resume coba trik saya yang di atas gan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: